Cara Menjadi Model

Yang dibahas di halaman ini adalah “Cara Menjadi Foto Model”. Dengan kata lain, informasi di website ini tidak relevan apabila kamu ingin menjadi Model Catwalk.

 

Apa syarat fisik untuk menjadi Foto Model?

Sebelum kamu berusaha untuk menjadi Foto Model, perhatikan dulu dirimu. Apakah kamu memang berbakat dan memenuhi syarat. Karena apabila kamu memaksakan diri, padahal kamu belum memenuhi syarat, maka kamu hanya menyia-nyiakan waktumu untuk usaha yang tanpa hasil.

Syarat fisik untuk menjadi Foto Model antara lain:

  1. Punya wajah cantik dan fotogenik, wajah tidak berjerawat.
  2. Usia antara 12-25 tahun.
  3. Tinggi badan minimal 160 cm.
  4. Tubuh langsing dan bentuk badan indah.
  5. Tidak ada bekas luka yang mencolok (tidak bisa ditutupi dengan make up).
  6. Kulit mulus dan bersih. Mengenai warna kulit coklat atau kuning tidak dipermasalahkan. Yang penting, mulus dan bersih.

 

Jika saya tidak memenuhi syarat fisik, lalu bagaimana?

Kamu boleh berusaha memenuhi syaratnya, apabila kamu bisa. Di korea, banyak pria dan wanita muda sampai melakukan operasi plastik untuk memenuhi syarat kelayakan menjadi model atau selebritis. Namun, apabila syarat tersebut diatas sulit kamu penuhi, jangan memaksakan diri untuk menjadi model.

 

Penyebab kegagalan calon model

Banyak calon model yang gagal ditengah jalan, hanya karena hal-hal berikut:

  1. Kurangnya tekat dan semangat untuk menjadi model.
  2. Menganggap aktivitas modeling adalah kegiatan sampingan.
  3. Kebiasan manja, malas belajar, dan kurang berusaha.
  4. Tidak siap menghadapi hambatan, mudah menyerah.
  5. Tidak siap berjuang meraih cita-cita, mau enaknya saja.

Oleh karena itu, apabila kamu memang berniat sukses berkari sebagai Foto Model, kamu harus mempersiapkan mental, tekad, dan semangat untuk meraih cita-citamu. Jangan mudah menyerah.

 

Apakah menjadi model itu sulit?

Kalau sekedar “Foto Model Kampung” yang hanya dikenal oleh orang-orang di kota tempat kamu tinggal, itu sangat mudah. Caranya, kamu bergaulah dengan para Fotografer di kotamu. Maka, dalam beberapa bulan, apabila kamu memang punya wajah dan fisik yang bagus, maka kamu akan dikenal sebagai Foto Model oleh orang-orang di sekitarmu.

Namun untuk menjadi model kelas nasional atau internasional, tentunya butuh perjuangan. Seorang model atau artis yang kamu lihat di TV, kelihatannya memang hidupnya serba enak, sukses, dan banyak uang. Namun, dibalik itu semua, sebelum mereka hidup enak, mereka sudah berjuang selama bertahun-tahun agar menjadi terkenal.

Kebanyakan orang yang melihat enaknya saja. Sehingga banyak yang mengira, menjadi model itu mudah. Asalkan punya wajah cantik dan tubuh indah, maka bisa menjadi model. Kenyataannya, tidak seperti itu. Menjadi model, tidak cukup hanya bermodalkan wajah cantik dan tubuh indah.

Untuk menjadi seorang Foto Model, kamu perlu memiliki keahlian-keahlian yang memang dibutuhkan dalam dunia Model. Keahlian tersebut bisa kamu pelajari di Sekolah Model, atau apabila kamu sangat cerdas, kamu bisa belajar secara otodidak dari buku atau sumber lainnya. Selain keahlian yang mumpuni, kamu juga harus memiliki kepribadian yang baik, tekad yang kuat, dan kedisiplinan waktu. Dan, untuk menjadi terkenal, kamu perlu seseorang (Produser atau Agensi Model) yang bisa membuatmu terkenal.

 

Cara memulai terjun menjadi model?

Cara termudah adalah belajar dari orang yang sudah sukses. Apabila kamu punya saudara atau teman yang sudah sukses menjadi model, belajarlah darinya. Kalau mungkin, ikutilah dia ketika sedang ada kegiatan modeling. Mintalah saran-saran dan arahan darinya. Dari situ kamu bisa banyak belajar. Namun ingat, kamu harus belajar dari orang yang benar-benar sudah sukses dalam dunia model. Jangan belajar dari model yang belum sukses, percuma, buang-buang waktu.

Untuk sekedar mengasah kemampuanmu dalam pose dan ekspresi, kamu bisa bergaul dengan para Fotografer di kotamu. Carilah kenalan seorang fotografer yang bersedia memfotomu. Namun ingat, kamu perlu hati-hati, karena ada juga oknum fotografer nakal yang berbuat tidak baik terhadap model.

Cara lain yang umum ditempuh calon model adalah dengan mengikuti Kursus Model atau Sekolah Model. Hampir di setiap kota besar di Indonesia sudah ada tempat Kursus Model. Ada 2 macam kursus model, pertama fokus di Catwalk, dan kedua fokus di Foto Model. Tentukan dulu, kamu mau jadi Foto Model atau Model Catwalk, dan pilihlah Kursus Model yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Hampir semua Kursus Model di Indonesia membutuhkan biaya cukup mahal. Oleh karena itu, tidak semua orang punya kesempatan mengikuti Kursus Model yang mahal tersebut. Kabar baiknya, saat ini ada Sekolah Model Gratis yang diselenggarakan oleh Dewandra Modeling School.

Sekolah Model Gratis ini ada di Semarang, Jawa Tengah. Namun tetap bisa diikuti oleh calon model dari seluruh Indonesia yang punya bakat dan serius untuk menjadi model. Dewandra Modeling School adalah satu-satunya Sekolah / Kursus Model Gratis yang ada di Indonesia.

 

Hati-hati penipuan dalam dunia model

Banyak orang telah tertipu. Jangan sampai kamu korban selanjutnya. Ingat selalu, apabila ada orang yang melakukan hal-hal berikut:

  1. Menjanjikan bahwa kamu bisa menjadi Model Terkenal atau Selebritis dalam waktu singkat.
  2. Menjanjikan bayaran yang sangat besar untuk menjadi Model, padahal kamu bukan Model Profesional.
  3. Meminta uang pendaftaran yang jumlahnya tidak wajar.

Maka kamu harus berhati-hati. Kemungkinan itu adalah penipuan. Ingat selalu bahwa menjadi seorang Model tidak bisa secara instant, cepat, dan langsung sukses. Profesi Model itu sama dengan profesi lainnya, butuh banyak belajar dan pengalaman untuk menjadi sukses.

2,004 total views, 4 views today